Mengenal Tentang Sumber Daya Alam Tidak Terbarukan

Sumber daya alam sendiri merupakan bahan atau benda yang bisa dimanfaatkan oleh manusia yang berasal dari bumi. Jenisnya ada dua yaitu sumber daya alam yang terbarukan dan sumber daya alam tidak terbarukan.

insanpelajar.com

Pengertian sumber daya alam yang terbarukan adalah sumber daya yang bisa diperbaharui dan dapat tumbuh kembali sehingga sumber daya ini tidak akan bisa habis. Sedangkan untuk sumber daya alam tidak terbarukan umumnya berasal dari dalam tanah. Sumber daya ini bukanlah sebuah makhluk hidup yang membuatnya menjadi sulit untuk ditemukan.

Sumber daya alam tidak terbarukan tidak bisa tumbuh kembali atau bisa terganti. Contohnya seperti bahan bakar fosil yang dipakai untuk menghasilkan gas alam, minyak dan batubara. Mineral yang dipakai di dalam pembuatan logam juga adalah salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.

Sumber daya alam ini sudah terbentuk dari jutaan tahun silam. Dapat dibayangkan bila saat ini tidak diikuti dengan pemakaiannya yang bijak maka sumber daya alam ini semakin lama akan semakin habis. Dan kita tentu saja tidak akan bisa menggunakan minyak, gas alam dan juga batubara.

Bahan bakar dari fosil seperti minyak bumi, batubara serta gas ini tidak bisa bertahan sampai lama. Material tersebut tidak bisa manusia untuk perbarui. Karena masalah itulah saat ini sudah banyak orang yang mencari alternatif pengganti untuk bisa dipakai sebagai bahan bakar. Misalnya sumber energi dari angin dan matahari yang malah lebih ramah lingkungan jika dipakai di masa depan.

Dua jenis sumber daya alam di atas merupakan sumber energi untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia seperti makan, rumah, pakaian dan juga kebutuhan pokok lain. Contohnya saat ini kamu memiliki rumah, maka pasti rumah kamu memanfaatkan dua jenis sumber daya alam tersebut. Mulai dari kayu yang berasal dari pohon, dan berbagai material semen, batu, logam yang berasal dari mineral alam.

Untuk penggunaan sumber daya alam yang bisa diperbarui atau tidak, kita semua perlu menggunakannya dengan bijak agar tetap terjaga kelestarian alam kita. Menggunakannya dengan bijak ini bukan berarti tidak menggunakannya sama sekali. Hanya kita perlu menggunakannya dengan secukupnya, tidak melakukan eksploitasi berlebihan sehingga menyebabkan habisnya sumber daya alam kita. Jika sumber daya alam tersebut telah habis tentu akan menjadi kerugian bagi seluruh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *