Cara Menggunakan BMI Calculator

Body Mass Index atau disingkat dengan BMI merupakan indeks massa tubuh yang merupakan parameter yang dipakai untuk menghitung berat badan seseorang. Lewat perhitungan tersebut akan diketahui bahwa berat badan orang tersebut dikategorikan normal, kurang atau berlebih.

sehat24.com

Yang harus diingat bahwa berat badan ideal setiap orang itu berbeda-beda. Oleh sebab itu cara mudah untuk tahu apakah berat badan kamu itu termasuk kategori ideal atau tidak yaitu dengan menggunakan BMI calculator. Selain berat badan kamu juga perlu tahu tinggi badan kamu merupakan salah satu syarat untuk mengetahui angka BMI kamu.

Cara untuk menghitung BMI yang mudah dan praktis kamu bisa memakai BMI calculator yang sudah tersedia di beberapa situs online. Kamu bisa memakai fitur tersebut dimana saja dan kapan saja.

Yang harus kamu tahu bahwa angka BMI bukanlah pengukuran yang akurat sebab masih belum menjelaskan dengan detail terkait masalah berat badan seseorang. Hasil hitungan BMI ini  juga tidak bisa mengetahui jumlah lemak yang ada pada tubuh untuk bisa mengukur risiko penyakit kronis.

Namun dengan perhitungan BMI ini kamu bisa tahu informasi dasar yang berkaitan dengan masalah berat badan secara keseluruhan. Angka BMI ini dapat menjadi acuan peringatan untuk kamu agar selalu menjaga berat badan supaya tetap normal untuk hidup yang lebih sehat.

Cara memakai BMI calculator

Perhitungan BMI di dapat dari membagi berat badan dengan satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter yang dikuadratkan. Untuk beberapa orang nilai BMI ini mungkin masih belum akurat. Seperti wanita hamil, atlet dan binaragawan tentu tidak bisa mengacu perhitungan BMI untuk tahu kesehatan tubuh mereka. Jadi walaupun angka BMI berada di atas normal belum tentu memiliki lemak yang berlebihan.

Perhitungan angka BMI dibagi menjadi 4 kategori sebagai berikut:

  •         Orang termasuk kategori obesitas bila angka BMI nya berada di atas 25.
  •         Orang termasuk kategori kelebihan berat badan jika angka BMI 23-24,9.
  •         Orang termasuk kategori ideal atau normal jika angka BMI berada di kisaran 18,5-22,9.
  •         Orang termasuk kategori kekurangan berat badan jika memiliki angka BMI di bawah 18,5.

Semakin banyak angka BMI seseorang maka semakin besar juga bentuk tubuhnya. Dan sebaliknya jika angka BMInya rendah masa orang itu cenderung mempunyai berat badan yang kurus. Namun angka diatas masih belum akurat bila diterapkan pada orang yang memiliki gangguan makan misalnya anoreksia nervosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *