4 Tips Bagi Para Penderita Obsessive Compulsive Disorder

Penyakit Obsessive Compulsive Disorder atau yang sering disebut dengan OCD menjadikan seseorang memiliki perilaku yang cukup obsesif terhadap sesuatu. Penderita gangguan ini akan mengalami berbagai gejala berkaitan dengan sesuatu yang terjadi secara kompulsif. Nah, Kampus Psikologi punya saran bagi penderita OCD.

Kampus Psikologi

kampus psikologi

Tips Bagi Penderita Obsessive Compulsive Disorder

Contoh dari kelakuan obsesif serta kompulsif penderita OCD adalah mengetukkan jari di meja ketika berkonsentrasi, menggigit kuku ketika merasa cemas, dan lain sebagainya. Kampus Psikologi memiliki berbagai saran berikut untuk para penderita OCD agar lebih tenang menjalani hidup.

  1. Jangan terlalu panik

Sudah menjadi rahasia umum jika penderita OCD memiliki gangguan perilaku yang bisa membuat pengidapnya merasa panik dan terganggu. Mereka bisa saja mengalami insecure dan tidak berharga, padahal tidak begitu kenyataannya. Jika Anda adalah penderita OCD, pastikan jika Anda memahami jika gejala yang dialami tersebut adalah proses yang alami dan tidak perlu terlalu dirisaukan.

  1. Memahami tentang penyakit yang diderita

Menderita penyakit OCD bukanlah suatu halangan yang cukup besar untuk menghambat potensi diri yang dimiliki seseorang. Ketika Anda menderita gangguan OCD, pastikan jika hambatan secara mental tersebut tidak menghalangi pikiran bahwa Anda berhak menjadi orang normal dan sukses. Akan lebih baik jika Anda mengenali penyakit tersebut dan “berkawan” dengan gejala yang Anda alami.

  1. Senantiasa melakukan minimalisir gejala OCD

Penderita OCD bisa meredakan gejala yang mereka derita dengan cara tertentu. Seperti ketika Anda memiliki gejala mengecek kompor gas ketika akan pergi keluar rumah. Pengecekan yang misalnya Anda lakukan sebanyak 4 kali, bisa perlahan dikurangi menjadi 1-2 kali.

  1. Fokus ketika melakukan segala sesuatu

Gejala yang ditunjukkan oleh para pengidap OCD memang sebagian besar karena rasa resah akan berbagai hal. Untuk itu cobalah selalu fokus ketika melakukan hal demi hal yang Anda lakukan sehari-hari. Sehingga hal itu nantinya tidak menimbulkan suatu keresahan yang membangkitkan gejala tersebut.

Itulah berbagai tips yang bisa Kampus Psikologi berikan untuk para penderita OCD. Jangan lupa untuk selalu memahami jika gejala OCD bukanlah halangan bagi seseorang untuk berkarya dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *